Topics :
Home » , » Tips dan Manfaat Bercinta Terhadap Kesehatan Kita

Tips dan Manfaat Bercinta Terhadap Kesehatan Kita

Ungkit - Beberapa Manfaat dari bercinta dengan pasangan kita terhadap kesehatan ditubuh kita sendiri serta pasangan kita. Bercinta atau berhubungan seks lebih dari sekedar kepuasan semata. Kesehatan seksual bisa meningkatkan kesehatan tubuh anda.

Hal ini tentunya bisa menempatkan diri ada pada pemikiran yang lebih optimis. Jaga tenaga, matikan lampu dan nyalakan lilin. Hemat penggunaan air, mandilah bersama dan saling menyabuni satu sama lain. Gunakan sprei dari bahan-bahan yang ramah lingkungan. Hal ini bukan untuk mengkondisikan kehidupan seks anda, namun lebih untuk melakukan penyesuaian dalam berhubungan seks.



Berikut kita simak kesepuluh Manfaat bercinta terhadap kesehatan tubuh:
10. Menurunkan Tekanan Darah

Salah satu keuntungan terbesar dari bercinta adalah menurunkan tekanan darah dan mengurangi stress, menurut para peneliti dari Skotlandia yang melaporkan hasil penelitian mereka dalam jurnal Biological Psychology. Mereka meneliti 24 wanita dan 22 pria dengan mencatat kegiatan seksual mereka. Lalu para peneliti melibatkan mereka ke dalam kegiatan yang memicu stress – seperti berbicara di depan umum dan melakukan aritmatika verbal – dan mencatat dampak tekanan darah mereka terhadap stress. Mereka yang melakukan hubungan seksual memiliki respon yang lebih baik terhadap tekanan darah mereka dibandingkan mereka yang melakukan kegiatan seksual dalam bentuk lain atau yang sama sekali tidak berhubungan. Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal yang sama menemukan bahwa kekerapan hubungan seksual berhubungan erat dengan tekanan darah diastolic yang lebih rendah. Sementara penelitian lain menemukan hubungan antara pelukan dan rendahnya tekanan darah pada wanita.

9. Analgesik

Bercinta melepaskan hormon yang memicu rasa senang; oxytocin. Dan seperti yang dilaporkan oleh WebMD, “saat hormon oxytocin dilepaskan, endorphins meningkat, dan rasa sakit berkurang. Jadi jika anda mengalami sakit kepala, nyeri sendi, atau gejala PMS nampaknya membaik setelah berhubungan seks; dan ini berkat tingginya oxytocin yang ada setelah berhubungan.” Hal ini tentunya lebih baik dibandingkan dengan meminum obat penekan rasa sakit dengan dosis ganda.

8. Olahraga yang Baik

30 menit bercinta membakar lebih dari 85 kalori. Kedengarannya tidak begitu berarti, namun jika dijumlahkan: 42 sesi dengan durasi 30 menit akan membakar 3,570 kalori, lebih dari cukup untuk mengurangi 2 kg berat badan. Jika anda menggandakannya, anda bisa mengurangi berat badan anda dalam 21 sesi berdurasi 1 jam. “Bercinta merupakan olahraga yang baik,” menurut Patti Britton, PhD, pakar seksologi dari Los Angeles dan presiden dari American Association of Sexuality Educators and Therapists. Ia berkata bahwa hal ini memerlukan kerja dari sudut pandang fisik dan psikologis, agar bisa berjalan dengan baik.

7. Sistem Tubuh yang Bersih

Sudah merupakan fakta bahwa jika kita bergairah, darah kita memompa lebih cepat sehingga darah yang mengalir ke otak kita meningkat. Meningkatnya detak jantung dan meningkatnya aliran darah ke otak menghasilkan performa yang lebih baik (baik di dalam maupun di luar kamar). Hal ini berarti persediaan darah segar yang dipompa ke seluruh tubuh anda memberikan organ persediaan oksigen dan menyingkirkan produk yang lama dan tak terpakai dari tubuh. Jadi, keuntungan lain dari bercinta adalah system tubuh yang bersih. Perlakukan tubuh anda dengan benar dibantu dengan sedikit keceriaan.

6. Awet Muda

Meskipun orgasme seringkali disebut-sebut sebagai “kematian kecil”, mengalami 2 kali orgasme dalam seminggu dapat memperpanjang usia anda. Setiap kali anda mencapai orgasme, hormon DHEA (Dehydroepiandrosterone) meningkat sebagai respon dari gairah seksual dan ejakulasi. DHEA dapat meningkatkan system kekebalan tubuh anda, memperbaiki jaringan, meningkatkan kesadaran, menjaga kesehatan kulit, dan bahkan sebagai anti-depresi. Oleh sebab itu, manfaat kesehatan dari bercinta jika anda mencapai orgasme adalah umur panjang.

5. Menyembuhkan

Penyembuhan bisa diartikan dalam banyak hal. Kadang sebuah hubungan memerlukan penyembuhan. Di lain kesempatan, seseorang memerlukan penyembuhan. Penyembuhan yang dimaksud bisa berupa luka atau penderitaan karena sesuatu seperti diabetes. Terdapat penelitian yang membuktikan bahwa bercinta memiliki kemampuan menyembuhkan. Bercinta dapat membantu tubuh untuk peremajaan tubuh dalam hal regenerasi sel dan penyembuhan luka lebih cepat. Atur frekuensi berhubungan yang tepat dan segalanya mungkin terjadi. Oxytocin yang anda peroleh dari orgasme dapat bermanfaat bagi tubuh anda.

4. Anti-depresi

Bercinta menghasilkan phenyl ethylamine, semacam bahan kimia yang meningkatkan mood anda. Sebuah penelitian dari State University di New York juga mengungkapkan bahwa wanita yang terekspos langsung oleh cairan semen memiliki kemungkinan kecil untuk mengalami depresi. Namun Gordon Gallup juga menegaskan, “Saya ingin menegaskan bahwa kita tidak menganjurkan orang-orang untuk berhenti menggunakan kondom.” Mendapat STD atau kehamilan di luar nikah tentunya tidak akan meningkatkan mood siapapun.

3. Mencegah Kanker

Bercinta dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker payudara bagi wanita yang belum pernah melahirkan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jika seorang wanita meningkatkan frekuensi dalam bercinta, ia mengurangi risiko terkena kanker payudara. Bercinta memperkuat otot-otot dasar pelvis yang mengatur arus urine. Olahraga Kegel terjadi secara alami ketika bercinta, memberikan wanita kontrol lebih baik terhadap kandung kemih. Ejakulasi yang sering, khususnya pada pria berusia 20an, dapat mengurangi risiko kanker prostat, menurut para peneliti asal Australia dalam British Journal of Urology International. Saat mereka mengikuti pria yang didiagnosa mengidap kanker prostat dan mereka yang tidak, mereka tidak menemukan hubungan antara kanker prostat dengan jumlah partner seksual saat pria mencapai usia 30, 40, dan 50. Namun mereka menemukan bahwa pria yang mengalami 5 kali ejakulasi atau lebih setiap minggu ketika berusia 20an mengurangi risiko terkena kanker hingga 1/3.

2. Efek Hipnotis

Setelah mengalami orgasme, sensasi tenang dan relaksasi dirasakan oleh seseorang (itulah sebabnya mengapa pria biasanya tertidur) dan inilah saatnya dimana seseorang bisa membebaskan diri dan melepaskan beban. Sejumlah orang yang melakukan hubungan seks secara regular menyatakan bahwa mereka tidur lebih nyenyak di malam hari dan merasa lebih hidup dan segar sepanjang hari. Jadi, salah satu manfaat kesehatan dari bercinta adalah tidur yang lebih nyenyak, yang memungkinkan anda untuk menangani stress dengan lebih efisien dan membantu anda mengatasi insomnia.

1. Bermanfaat Bagi Wanita

Bercinta dapat membantu seorang wanita memiliki kesehatan reproduktif yang lebih baik. Lebih banyak hubungan seks yang ia lakukan, lebih banyak hormon yang ia hasilkan yang berhubungan dengan meningkatnya gairah seksual. Betul; lebih banyak seks yang ia lakukan, lebih banyak pula yang ia inginkan. Bercinta yang lebih banyak dapat meningkatkan tingkat ofestrogen, yang melindungi wanita dari osteoporosis dan Alzheimer. Bercinta juga bisa mencegah endometriosis. Wanita yang bercinta setidaknya satu kali dalam seminggu memiliki siklus menstruasi yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak. Bercinta membantu kesuburan seorang wanita dengan meregulasi pola menstruasinya. Setelah berhubungan, wanita memperoleh oxytocin yang melepaskan endorphins. Penahan rasa sakit alami ini dapat membantu meredakan nyeri sendi atau mengurari kram. Setelah anda hamil, gerakan seks horizontal dapat memicu kelahiran bayi jika memang waktunya tepat. Cairan semen dalam tubuh wanita dapat membantunya melahirkan dengan lebih cepat. Ya, bercinta bahkan dapat membantu wanita untuk melahirkan secara natural, tanpa obat.


2 komentar :